skripsi hukum

Beberapa hari yang lalu, saya mendapat email dari Geri yang menuliskan sebagai berikut: 

Nama saya geri… ambil jurusan hukum… berhubung saya liat blognya mas kopdang dan ngeliat latar belakang mas yang hukum juga… saya mau share sedikit mengenai skripsi saya. Btw skripsi saya mengenai masalah BLBI (perjanjian MSAA yang memuat klausul release n discharge dihubungkan dengan pasal 1320 KUH Perdata) tapi identifikasi masalah (IM) saya ditolak dosen pembimbing karena katanya terlalu mudah buat dianalisis. Yang mau saya tanyain :” kira-kira mas ada alternatif IM lain ga buat skripsi saya tadi (berhubungan dengan masalah keperdataannya)? atau mas ada saran judul buat saya terutama dibidang perbankan atau pasar modal… Nuhun pisan buat jawabannya. Jawaban mas menyelamatkan hidup saya… He…he…”. o ya mas ketinggalan, saya bisa minta UU PT yang baru??? skali lagi Nuhun pisan…. 

Komentar saya:

Coba baca ini dulu (silahkan klik).

Dan ini RUU yang baru disahkan oleh DPR. pjlsruuptfinal.pdf

Dan berhubung, mBak Putri yang pernah saya jawab atas pertanyaannya di blog ini juga telah menulis reply atas jawaban saya dalam postingan ini, maka akan saya muat juga email beliau yang isinya begini: 

mas kopdang…saya uda hopeless… kirain email saya ga dibalas makanya saya ga berani buka email…eeekh tau2 uda ada balasan dari mas…makasi bangeet!!! anyway…saya kuliah di jakarta kok, tetanggaan dengan plaza semanggi..dan kebetulan sebelum saya dapet balasan email dari mas, saya uda menemukan judul skripsi “MARAKNYA KEGIATAN USAHA RITEL MARKET DITINJAU DARI SEGI HUKUM PERSAINGAN USAHA”  

rumusan masalahnya:

1. strategi pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan ritel market sesuai dengan UU no5/99

2. dampak negatif maraknya kegiatan usaha ritel market terhadap pasar tradisional 

menurut mas kopdang sendiri gimana??? berbobot ga sieh judulnya??? saya ga pede niey…

– sekedar informasi ritel market disini seperti carrefour, giant, indomart, alfa mart dkknya..– saat ini saya sedang dalam tahap pengerjaan proposal skripsi (tapi belom dikerjain sieh mas,soalnya lagi jadi mentor ospek)– saya berencana ingin menyelesaikan skripsi ini 2 semester, boleh kurang tapi ga boleh lebih dari 2 smester tsbt

– kalo ditanya apakah saya akan ngebuat skripsi ini seideal mungkin? jawabannya tidak dan hanya sekadar untuk menggugurkan kewajiban dan lulus dengan segera.. maaf kalo nyatanya saya tdk sesuai dengan apa yang dibayangkan..

-kendala saya adalah saya benar2 sulit utk menuangkan ide saya dalam hal pelajaran jadinya saya panik sendiri.. (maaf kalo jadinya curhat..)  kalau boleh saya meminta, apakah mas mau memberikan arahan2 kepada saya utk selanjutnya??? berhubung jawaban email mas saya jadiin pedoman lho, saya print lagi…. hehehe…. sebelumnya terima kasih atas ide skripsinya ttg PT buat jaga2 kalo proposal saya ditolak… atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih                                            wasssalam 

Komentar Mas Kopdang

Untuk lebih efektif dan efisien serta menghemat bandwidht, saya akan menjawab keseluruhan dalam tulisan (pertanyaan-dan jawab) sebagai berikut (versi Mas Kopdang tentunya): 

1.      Sebetulnya apa sih skripsi/ penulisan hukum itu?

Secara sederhana, penulisan hukum ini adalah tulisan ilmiah dengan menggunakan kaidah penulisan ilmiah, yang bertemakan hukum. Mahasiswa diharapkan dapat dengan runut mencari masalah, melakukan pembahasan atas masalah tersebut dengan menganalisanya dan akhirnya mensintesa menjadi sebuah kesimpulan. Kemudian membuat problem solving lewat saran. 

2.   Apa sih Judul itu..?

Judul merupakan cerminan dari rumusan masalah. 

3.   Apa sih Rumusan Masalah itu?     

Rumusan masalah adalah topik yang akan kita bahas dalam skripsi ini. Masalah didapat dari fenomena/ fakta yang terjadi di keadaan nyata, sebagaimana BERBEDA dengan teori ideal yang ada. Ada gap antara yang seharusnya (das sollen) dan kenyataan yang terjadi di masyarakat (das sein). Gap itulah yang harus menjadi “TOPIK” dan diangkat menjadi rumusan masalah. 

4.   Apakah tema/topik harus “HUKUM” banget?       

Iya. Seperti contoh rumusan no.1 di atas (background kuning), kok saya malah berpikir itu lebih cocok untuk Mahasiswa Sosiologi atau Markom (Marketing Komunikasi) ya. No.1 bercerita tentang carefour dan kawan-kawan, sedangkan no.2 bercerita tentang fek yang ditimbulkan yakni pada Pasar Tradisional. Ada baiknya rumusan lebih mengerucut lagi. Simpel namun mengena. Bagaimana bila menjadi:     

Pelaksanaan UU No.5 th.1999 pada Pedagang Ritel di Jakarta” Studi Kasus: Carefour dan Hipermart Lebak Bulus”

Dengan judul ini Putri akan lebih fokus pada kedua pedagang yang lokasinya disebutkan tersebut. Kupas habis masalah persaingan yang sehat, juga pengaruhnya (analisis yuridis) kepada pasar tradisional, ketentuan supplier, dan hal lainnya. 

5.   Dari manakah sumber data?     

Jauh lebih baik dari data primer, seperti: perjanjian-perjanjian antara pedagang dan supplier. Ketentuan penentuan harga. Masalah Aturan  periklanannya (isi materi iklan). Lakukan wawancara terhadap responden utama seperti: Managernya, karyawan dan suppliernya. Lalu tambahkan data sekunder semacam buku yang membahas masalah persaingan usaha, sumber informasi dari koran, surat kabar, stiker-reklame produk, dan lain-lain. 

6.   Berapa halaman skripsi ?     

Semakin tipis (sedikit) semakin baik. Antara 60-80 halaman saja. Namun untuk lampiran, silahkan diperbanyak. Gunakan kata yang tepat, singkat dan akurat. Gunakan rujukan dengan jujur. Dan pada halaman Daftar Pustaka mohon ditulis lengkap, bahkan saduran skripsi orang lain yang pernah dibuat dan kita rujuk pada skripsi kita. 

7.   Apa yang dilakukan dalam Pembahasan     

Ceritkanlah tentang “tema” itu dari kacamata ideal. Merunut pada aturan (hukum positif) yang ada. Lalu baru ceritakan tentang kondisi yang ada pada “toko” –objek penelitian-. Lalu bahaslah satu-persatu. Bandingkan. Dan apa yang sesungguhnya terjadi. Bagaimana hukum membaca fenomen ini. Apakah sesuai aturan. Tidak sesuai aturan ataukah ada loop holes yang membuat aturan tersebut tak berguna dan malah memperparah keadaan? Ceritakanlah.. coba baca ini

8.   Bagaimana Caranya mendapat topik/ rumusan masalah yang baik dan bermanfaat     

Seringlah keluar rumah. Jalan-jalan santai. Tengok kanan-kiri. Lihat orang berlalu-lalang. Pasti akan ada ide yang muncul. Mungkin pas liat jalan tol, muncul ide untuk menelisik lebih jauh aturan tentang pembangunan jalan tol, sistem pendapatan dll. Saat jalan-jalan di Mal, ingin mengetahui masalah perjanjian sewa antara pengelola/pemilik dan penyewa ruangan. Banyak kok..yang dapat dijadikan rumusan masalah. 

Bagaimana? Masih ada pertanyaan…? 

Selamat bekerja…  

Iklan

21 Tanggapan

  1. mas ada pilihan judul gak tentang skripsi sosiologi hukum yang bagus (tapi normatif aja mas)

  2. ass… mas, saya ni mahasiswa hukum dari aceh jurusan pidana. . saya langsung aja ya mas.
    sebentar lagi saya akan menulis skripsi, judul nya udah saya reka2 tapi kata teman2 judul saya tuh susah bgt cari bahan nya. judul yang akan saya angkat itu ada 2 judul yakni,
    1. tindak kriminal yg dilakukan seorang polisi
    2. tentang senjata api ilegal.
    saya tanya sama orang di kantor polisi, ktnya itu rahasia.
    low menurut mas gimana? saya gak tau lagi mo cari judul yang bagaimana. dan klo mas berkenan, tolong kasih judul yang bagus dong buat saya. atas pertolongan nya saya berterima kasih sebesar2 nya.

  3. saya lagi membutuhkan skirpsi tentang hukum perdata, yaitu, skmht, apht, wajkap atau yang berkaitan dengan notaris dan ppat, untuk bulan mei 2008 iji , karna saya ingin bisa wisuda bulan oktoober 2008, saya karyawan salah satu notaris di tarakan, tlg sms aja ke hp saya kalau ada 08125874179, saya butuh banget,

  4. mas kopdang,,,saya nena,,mhsiswi hukum ugm,,,benar2 bingung untuk nulis skripsi,,,idenya itu yang susah,,,tolong yah mas,,,aku tertarik sma hal-hal yang berkaitan dengan pt gtu,,,perbankan jg boleh,,,,dtunggu blsannya,,,
    sbelumnya makasih mas,,GBU

  5. mas klo boleh tau gimana caranya pesen skripsi ke mas kopdang…????

  6. Mas, Saya seorang mahasiswa hukum pidana saya sedang bingung niy mencari judul. saya tertarik dengan masalah pembunuhan. saya langsung tulis sesuai dengan kasus nya kalau saya tulis gini betul ga ?

    ” analisis kriminologis terhadap kasus pembunuhan seorang Siswi SMA 3 di Bandar Lampung “

  7. Mas Q mahasiswa hukum yang masih sangat kebingungan untuk judul skripsi, Q minta tlg carikan judul skripsi yang berhubungan dengan perbankan atau pengadilan agama, sekalian sama identifikasi masalahnya yaw………….. he….he……
    Thanks b4……….

  8. aku mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di kota padang….tolong cariin judul skripsi dan referensi tentang hukum pedata….aq dah mentok banget nech….terserah apapun judulnya..yang pentungf ganpang di jabarkan…..sebelumnya makacih banget ya…

  9. aku mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di kota padang….tolong cariin judul skripsi dan referensi tentang hukum pedata….aq dah mentok banget nech….terserah apapun judulnya..yang penting gampang di jabarkan…..sebelumnya makacih banget ya…

  10. slmt siang… heyy… ak btuh bgt ney jdul skripsi…plizzz..tolngin ak donk….
    ak mhsswi faklts hukum… mw bwt skripsi tp aku bingung mw tntg apa???… plissssss…. tolngin ak yaaaahhhh….. aku mw hkum perdata normatif….

    hub ak di 08175728804 yahhh…..

    makasi sblm nya

  11. Halo mas Kopdang!!!
    Mas saya Alina, mahasiswi fakultas hukum di Kalimantan, saya skrg lagi bingung ngcari judul skripsi. Rencananya saya mw ngkat ttg pembuktian ya khususnya ttg penggunaan alat bukti elektronik dlm proses pembuktian di pengadilan apa bs ya mas?(saya takutnya bahan2 na ga da)
    trus satu lagi ttg penggunaan alat bukti rekaman telepon, gmn tu mas???
    tolong ya mas tolong bgt beri penjelasannya!!!!plezzz….

  12. salam kenal mas…
    saya rose,mau nanya nich!
    ada ga judul skripsi tentang hukum bisnis yang bagus?
    soalnya q da nyari2 dr dulu judul skripsi tentang hukum bisnis, ada sih? tapi yang susah tempat risetnya mas..
    gimana donk..

  13. Mas,,mau tanya donk,,saya udah 2 smester ini bkin skripsi tapi mentok juga akhirnya..padahal saya masih buat bab 1..
    kira2 ada tidak mas skripsi tentang haki atau ham atau perlindungan konsumen yang mudah untuk dibuat? sekalian refrensinya ya mas..tolong petunjuknya..

  14. tolong mas apa judul tentang hukum bisnis mengenai obat tentang perlindungan konsumen

  15. tolong dibalas y

  16. mas, saya butuh bantuannya..
    saya salah satu mahasiswa di surabaya, saat ini sedang menyeleseikan skripsi..
    saya tertarik pada bidang HaKI atau perbankan.., tlg kasih saran soal judul dan rumusan masalah yang harus saya buat.., terimakasih atas bantuaanya

  17. Assalamualaikum..
    Maaf sblmnya kalo sy merepotkan mas kopdang.,
    Sy lg putus asa gr2 skripsi sy ditolak pembimbing Mas. Baru baca judul skripsi sy aja, pembimbing sy bilang klo skripsi sy gak ada isu hukumnya.,
    Skripsi sy ini membahas ttg eksistensi yayasan pendidikan thd bdn usaha yayasan stl berlakunya UU no 16 tahun 2001 jo. UU no.28 tahun 2004 ttg yayasan (studi di yayasan pendidikan X)
    Kira2 mnrt mas Kopdang, judul sy ini kurangnya dmn ya mas?
    Sy berterimakasih skali klo mas Kopdang mau memberi masukan utk sy.,trimakasih.,=)
    Wassalamualaikum.,

  18. test

  19. mas saya sedanng menyusun skripsi ttg tinjauan yuridis ttg pasal 56 ayat 1 uu perkawinan ttg perkawinan di luar indonesia.
    saya sangat kekurangan bahan. sehingga skripsi saya mandat.
    tolong saya yaa mas.
    terimakasih

  20. Salam mas kopdang saya mahasiswa fakultas hukum smstr akhir mau diskusi soal judul skripsi, mau minta tanggapan mas sy lagi galau judul skripsi saya ditolak. Saya maunya ambil hukum tata negara tapi judul saya itu lebih menjurus ke hukum administrasi negara. Nah judul saya itu tinjauan yuridis terhadap kewenangan badan kepegawaian daerah, yang saya kaji lebih kepada pelaksanaan kewenangan bkd tsb. Sehingga pembahasan saya itu jadinya masuk keranah hukum adm.kepegawaian alias HAN saya mau minta pendapat dong mas gimana ya biar judul saya bisa di tarik ke hukum tata negara…(?) please respon 🙏🏻 Mas lg butuh teman diskusi..

  21. Hallo mas kopidangdut, nama saya ayu saya mahasiswa fakultas hukum bagian han/htn, saat ini saya baru smstr 6 tapi udah di tagih tagih judul sama dosen makanya saya jd bingung banget, mas mohon bantuanya ide judul skripsi untuk saya yang baik untuk diangkat thn 2018 apa ya? saya udah stress banget mikirinya mas, saya udah punya satu judul sih mas tentang RTRW sebagai instrumen perizinan karenakan banyak sekali izin izin yg dikeluarkan pejabat itu keluar dari rtrw yg telah ditetapkan kurang lebihkan seperti itula mas tapi saya bingung harus mulainya bagaimana saya juga kurang tertarik sebenernya mas tp karena kepepet mau gimana lagi mohon penjelasanya mas. oh iya mas saya maunya sih penelitianya secara normatif kalo mas punya ide lain ttg judul skripsi mohon mas share ke saya saya tertariknya si tentang hukum pajak, h.ketenaga kerjaan gitu
    sekali lagi mas mohon sangat bantuanya, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: